Camping di Coban Rambat

*Coban Rambat di pagi hari*

Setelah pengalaman camping pertama yang begitu menyenangkan dan full healing. Pada awal bulan September kemarin, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti ajakan teman saya untuk melakukan camping kembali. Setelah sebelumnya sempat skip agenda camping bersama teman-teman di bulan Agustus. Karena rindu merasakan tidur di alam akhirnya saya memutuskan untuk, “Oke saya ikut camping”.

Untuk camping kali ini, lokasinya berada di dalam kota saja. Tepatnya di Coban Rambat  Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Perjalanan kali ini memang terasa berbeda dari awal kami berangkat. Kalau sebelumnya kami sudah persiapan berangkat sejak siang hari. Kali ini, karena mungkin kami berpikir bahwa lokasinya berada di dalam kota saja, kami merasa sedikit lebih santai. Selain itu karena semuanya harus bekerja pada hari Sabtu, jadi kami baru bisa berangkat sore hari. Kami baru bisa berkumpul dan kemudian berangkat sekitar pukul 17.00 WIB menjelang maghrib.

Cuaca mulai mendung saat kami memulai perjalanan naik. Ya karena lokasinya berada di kecamatan Bendungan yang merupakan daerah pegunungan, kami perlu menempuh perjalanan naik  kurang lebih satu jam dengan motor berkecepatan normal/santai. Ternyata, ketika kami mulai berjalan kurang lebih 20 menit hujan benar-benar turun dimulai dengan rintik-rintik gerimis kemudian menjadi lebih deras saat maghrib berkumandang. Kami pun memutuskan untuk berhenti sholat maghrib sekaligus menunggu hujan reda untuk melanjutkan kembali perjalanan. Tepat setelah shalat isya hujan baru mulai agak reda menjadi gerimis tipis. Dan akhirnya kami melanjutkan perjalanan.

*Kak May terimakasih ya 😀*

Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, melakukan perjalan malam di gunung dengan motor (saya dibonceng selalu ya, thanks to Kak May i love you) tanpa penerangan jalan keculai lampu motor. Tanpa ada rumah penduduk dan hanya jalanan hening yang membersamai kami sampai sepanjang sisa perjalanan yang kami tempuh. Sorot lampu dan rumah warga baru terlihat ketika mendekati daerah Coban Rambat. Di tengah perjalanan, salah satu motor teman kami harus mengalami sedikit trouble tapi syukurnya semuanya bisa teratasi. Sayangnya saya tak berani mengambil foto saat perjalanan malam karena terlalu fokus dengan ayat kursi di dalam hati wkwk. Pasti seru kan jika bisa diabadikan. :)

*bayangin aja lewat sini pas malam*

Dan akhirnya, setelah melewati perjalanan sunyi dan gelap serta tidak biasa bagi saya, kami sampai juga di lokasi camping. Kira-kira pukul 20.00 WIB kami menginjakkan kaki tepat di lokasi camping. Kondisinya sepi, kecuali di bagian depan gapura masuk, karena masih ada dua warung yang buka. Kemudian, disinilah cerita camping saya yang sesungguhnya bermula.

Saya merasa baik-baik saja ketika kami sampai, kemudian parkir motor hingga kami beranjak untuk mencari tempat dimana berdirinya tenda. Bagi yang sudah pernah ke coban rambat pasti tahu bagaimana lokasi coban rambat. Untuk mencari lokasi dimana tenda akan didirikan, kami harus sedikit turun ke bawah melewati jalan seperti tangga yang sudah permanen. Kondisi tempat benar-benar gelap dan sunyi sekali, sangat berbeda dengan lokasi pertama saya camping. Karena kami harus turun melalui anak tangga yang sedikit curam, secara alamiah kami membagi diri mejadi tiga kelompok kecil.

*Team navigator camping di pagi hari 😎😎*

Kelompok pertama terdiri dari empat orang teman yang berjalan duluan sebagai navigator bertugas untuk mencari lokasi tenda, kelompok kedua hanya dua orang yaitu saya dan seorang teman saya yang bertugas sebagai follower, kelompok ketiga terdiri dari tiga orang yang masih berada di ujung atas anak tangga sebagai pengamat wkwkw. Nah disinilah kesalahan saya dimulai. Grup pertama sudah berada di bawah saat saya masiih berada di tengah-tengah tangga turun. Karena posisi antara satu kelompok dengan kelompok yang lain sedikit agak jauh, kami harus berteriak ketika harus bertanya mengenai pas atau tidak lokasinya. Menimbang posisi saya yg berada di tengah-tengah, saya  berpikir oh saya harus menjadi penyalur informarsi antara yang di bawah dan yang di atas. Lagipula mereka juga saling teriak, pikir saya. Nah tepat setelah beberapa kali saya berteriak menyalurkan informasi dari bawah ke atas pun sebaliknya. Disitulah saya diingatkan untuk tidak berteriak oleh sesuatu.

Ketika saya masih berada di tengah-tengah tangga turun bersama satu teman saya tadi, tiba-tiba saja tepat di belakang telinga kanan saya terdengar suara “hussst” lumayan keras dan terdengar seperti suara saat kita merasa terganggu karena berisik. Dua detik berikutknya, saya pikir teman saya cepat sekali sudah berada tepat di belakang saya, padahal baru saja kita teriak-teriak. Saya langsung menoleh ke belakang dan ternyata tidak menemukan siapa-siapa di belakang saya. Kecuali teman di sebelah kiri saya yang sejak tadi bersama saya. Otak saya terus berpikir beberapa saat sampai saya sadar bahwa ada yang salah disini. Saya terdiam sebentar mengatur napas kemudian saya langsung memegang tangan teman saya karena takut. Saya langsung mengunci mulut saya memulihkan kesadaran otak dan sedikit menganalisa kejadian yang baru saja terjadi. Setelah sedikit tersadarkan atas apa yang baru saja terjadi, saya berjalan naik meninggalkan teman saya sendirian, sambil mengatur ekspresi meyakinkan diri saya sendiri bahwa everything gonna be oke.

Oh my God, beberapa kali mendengar suara tanpa ada wujud, baru kali ini terasa sangat dekat, nyata dan lumayan mempengaruhi nyali saya. Saya naik kemudian bilang ke tiga teman saya yang sejak tadi masih di atas, “kita ga boleh teriak-teriak disini”.

Dua teman saya sadar dengan perubahan ekspresi saya, dan mereka pun juga merasa tak nyaman. Akhirnya niat kami mendirikan tenda di bawah gagal, dan dengan segala pertimbangannya akhirnya kami mendirikan tenda di tempat parkir tadi.

Malam semakin dingin, dan perasaan saya berangsur membaik. Tapi tidak dengan satu teman saya yang justru memberi kode-kode yang membuat saya parno, bahkan dengan ekspresi menahan takutnya dia mengetik sesuatu di HP saya, “ada yang ngamatin kita dipohon sana”. Deg, gila ini anak, saya susah payah menormalkan perasaan, dia malah mencari teman untuk menemani rasa takutnya.

*Disini tenda kami berdiri*

*Dan disini tempat tujuh teman yang lain tidur tanpa tenda*

Suara sepersekian detik tadi sungguh berhasil mempengaruhi mood saya semalaman. Sejujurnya saya merasa sangat tidak enak hati dengan teman-teman yang benar-benar ingin mendirikan tenda di bawah maupun di atas dekat ladang. Saya sungkan jika mereka kecewa, tapi apa daya saya terlalu menganggap suara yang saya dengar tadi sebagai peringatan agar kami tidak berisik disini. Nggak mungkin kan camping nggak berisik cuma diem-dieman? Maaf ya teman-teman :(

*Api unggun dan ayam bakar yang tidak dapat saya nikmati :(*

Akhirnya saya dan teman saya yang sedang ketakutan ini memutuskan untuk mendirikan tenda dibantu teman-teman cowok yang lain, di samping tempat kami memarkirkan motor. Teman-teman yang lain memutuskan membakar ayam dan hanya kami berdua yang berangkat tidur duluan karena ingin segera melupakan apa yang telah terjadi. Malam berjalan dengan sangat lambat dan beberapa kali saya terbangun karena suara hujan dan angin. Di camping coban rambat kali ini, saya berharap pagi segera datang menggantikan malam yang terasa dingin dan sepi. Dan baru saya ketahui setelah saya keluar tenda waktu subuh, bahwa teman-teman saya yang lain memilih tidur tanpa memasang tenda mereka, hanya menggunakan sleeping bag.

Syukurlah pagi datang, saat mendengar suara adzan subuh berkumandang rasanya lega luar biasa. Entahlah, mungkin bagi teman-teman yang sudah sering camping, apa yang saya alami adalah hal yang normal atau biasa saja. Tapi bagi saya yang seorang newbie, pengalaman ini luar biasa mengguncang jiwa sesaat hehe. Kami melalui pagi dengan perasaan yang lebih ringan dan nyaman, setelah selesai bersih-bersih kami kemudian sarapan dengan menu seadanya yang kami bawa. Ada yang memilih sarapan pop mie, kopi, roti maupun buah, tak lupa meluapkan candaan yang semalam sempat terhenti karena suasana yang kurang nyaman.

*Coban Rambat di pagi hari*

Karena hujan mengguyur sejak malam, pagi terasa lebih dingin. Hujan pun baru berhenti sekitar pukul 08.00 pagi, setelah menyantap sarapan dan humor dari teman-teman. Akhirnya kami turun ke bawah, ke tempat dimana kami berencanan untuk mendirikan tenda semalam. Pemandangan dari atas lumayan indah, saya bisa melihat deretan pohon yang tertutup kabut tipis dan suara air mengalir yang menenangkan. Sebenarnya dari atas pun suara air sungai terdengar sih, karena ini memang bersebelahan dengan sungai. Di bawah, kami melakukan aktifitas wajib kami yaitu berfoto ria, berbincang-bincang panjang sambil menyantap kudapan. Kira-kira setelah pukul 10.00 WIB kami memutuskan untuk pulang, kembali ke kota.

*Perjalanan turun ke Kota Trenggalek*

Pengalaman kali ini memang terasa berbeda, tapi kehangatan teman-teman dan juga canda tawa mereka selalu sama. Menjadi vitamin bagi rasa tak nyaman yang semalaman menyelimuti saya. Terimakasih teman-teman. :)

*Ekspresi saat pagi akhirnya datang*

Sebenarnya saya menarik kesimpulan sendiri kenapa saya sampai harus merasakan ini semua, barangkali karena saya memaksakan diri camping di tempat asing saat saya datang bulan. Cukup ini pengalaman camping saat datang bulan, camping selanjutnya hanya akan  saya ikuti di tanggal-tanggal yang sekiranya aman bagi saya. Yakin saja sepertinya tidak cukup, jika tidak diiringi dengan kondisi diri yang berada di tanggal-tanggal aman.

Kami pun akhirnya pulang dengan rasa tenang dan lumayan lega serta terhibur. Tak lupa mampir makan nasi gegok khas bendungan yang nikmat sebelum sampai rumah.

Jadi bagaimana kesan saya untuk camping kali ini? Luarbiasa tak terlupakan.

Apakah saya kapok untuk camping lagi? Untuk jangka waktu dekat barangkali iya, tapi untuk jangka panjang jika diajak kembali sepertinya saya mau.😅